468x60 Ads

http://www.facebook.com/profile.php?id=1298561608&ref=tn_tnmn#!/

RPP Bahasa Sunda

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Diajukan untuk memenuhi salah satu Tugas Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Daerah


Oleh

Bekti Nurul Sidiq Anshori
0805619

2 A

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

KAMPUS CIBIRU

2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Jenjang : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran : Bahasa Sunda

Pokok Bahasan : Menulis

Sub Pokok : Imbuhan Depan “Pa-“

Kelas / Semester : V ( Lima ) / I ( Satu )

Waktu : 1 x 20 menit




I. STANDAR KOMPETENSI

Mampu memahami kalimat menggunakan kata berimbuhan depan “Pa-“ dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca.

II. KOMPETENSI DASAR

- Menggunakan imbuhan depan (rarangken hareup) “Pa-“

III. INDIKATOR

- Siswa dapat menyisipkan kata berimbuhan depan “Pa-“ pada kata dasar.

- Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata berimbuhan depan “Pa-“

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

- Siswa dapat membuat kata dasar menjadi kata berimbuhan depan “Pa-“.

- Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata berimbuhan depan “Pa-“

V. MATERI

Ngagunakeun Rarangken hareup “Pa-“

1. Mang Risman teh (dagang) baso anu kasohor.

2. Di lembur meh sakabehna jalma jadi tani.

Kecap-kecap anu nu dina jero tanda kurung can merenah dipakena. Sangkan merenah kudu make rarangken heula. Rarangken naon nu cocog?

Nu cocogna teh rarangken hareup “pa-“. Dagang jadi padagang, sedangkeun tani jadi patani.

Eta dua kalimah kieu jadina:

1. Mang Risman teh padagang baso nu kasohor.

2. Di lembur meh sakabehna jalma jadi patani.

Proses ngawangunnan:

Kecap asal + Rarangkrn hareup pa-

VI. PENDEKATAN, METODE, MEDIA DAN SUMBER

- Pendekatan : Komutatif

- Metode : Ceramah, dan Tanya jawab

- Media : Teks Materi

- Sumber : Buku paket “ Sekar Basa Pangajaran Basa Sunda “ kelas 5, Rahmat Ruhyana, Witarsa. REGINA

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal (± 3 menit )

1. Guru mengucapkan salam

2. Guru mengkondisikan siswa pada situasi pembelajaran yang kondusif

3. Guru mempersiapkan siswa untuk berdoa dipimpin oleh ketua kelas.

4. Guru mengabsen siswa

5. Guru mengadakan apersepsi

6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan inti (± 15 menit )

1. Guru mmenyampaikan penjelasan mengenai “rarangken Hareup Pa-“

2. Guru memberikan contoh “Rarangken Hareup Pa-“.

3. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan materi mengenai “Rarangken Hareup Pa-“yang belum dipahami

4. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai “Rarangken Hareup Pa-“.

5. Siswa menjawab pertanyaan sederhana yang diajukan oleh guru.

6. Guru meminta siswa untuk memberikan contoh kata yang mengugunakan imbuhan “pa-“.

7. Guru membagikan LKS.

8. Guru memmbingbing siswa dalam mengerjakan LKS.

9. Guru dan siswa membahas LKS secara bersama – sama.

C. Kegiatan Akhir (± 2 menit )

1. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.

2. Guru mengadakan tindak lanjut berupa pemberian Pekerjaan Rumah.

3. Guru mengkondisikan siswa agar kondusif.

4. Siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas.

5. Guru menutup pelajaran.

VIII. EVALUASI

- Prosedur Test : Test Proses dan Test Akhir

- Jenis Test : Test Lisan

- Bentuk Test : Tanya Jawab

- Alat Test : Soal.

SOAL

A. Pilarian kata – kata anu ngagunakeun rarangken hareup pa- sareng jadikeun kata dasar!!

1. Pa ustad teh mun enjing sok jadi patani.

2. Si ujang sok pamer sendal nu alus.pas solat jum’at sendalna pahili.

3. Panginten Andri mah bakalan jadi pangusaha.

4. Arief patinju ti panjalu.

5. Di SD nuju aya acara paturay tineung cirina kelas 6 bade papisah.

6. Gelar pahlawan the pamere ti pemerintah.

7. Padagang di pasar nuju parebut lahan kanggo jualan.

8. Eta benang di meni pagujud.

9. Jalan ka panyawangan the meni pabeulit jiga rapia te kaurus.

10.Bumi ibnu sareng rima teh padeket malah padempetan.

JAWABAN

1. Patani = tani

2. Pahili = hili

3. Pangusaha = usaha

4. Patinju = tinju

5. Papisah = pisah

6. Pamere = mere

7. Padagang jeung parebut = dagang jeung rebut

8. Pagujud = gujud

9. Pabeulit = beulit

10. Padeketan = deket

B. Jieun kalimah make kecap

1. Patepung

2. Pacaruk

3. Papisah

4. Pangajul

5. Pameukeut

6. Pamilon

7. Pajauh

FORMAT PENILAIAN TES PROSES

(SAAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BERLANGSUNG)

NO

Nama siswa

Keaktifan

Keseriusan

Sikap

Ket































FORMAT PENILAIAN TES AKHIR

NO

NAMA SISWA

NILAI










Ket :

A = 90

B = 80

C = 60-70

D = 50

Bandung, November 2009

Mengetahui,

Dosen Mata Kuliah Simulator

Dra. Etty Rohayati M.Hum Bekti Nurul

NIP. 195508151981032001 NIM. 080619

0 komentar:

Poskan Komentar